Minggu, 02 September 2012

Jenis Rumput


Selain indah dipandang mata, hamparan rumput adalah alas yang nyaman untuk beraktivitas di alam terbuka. Sesuai fungsinya sebagai penutup tanah ( ground cover ).
Perakaran rumput sangat baik untuk mengikat agregat (butir-butir) tanah sehingga mengurangi atau mencegah terjadinya erosi tanah.

Rumput untuk Taman ditanam / diperbanyak dengan cara :
  •         Benih ( murah tapi tumbuhnya lama )
  •         Stolon ( percabangan akar )
  •         Lempengan rumput

Penanaman rumput dengan metode lempeng lebih baik dibanding metode stolon karena penutupan lebih sempurna dan pertumbuhannya lebih cepat.

Sebelum membelinya, harus diketahui Jenis Rumput yang tersedia. 

Ini adalah beberapa Jenis Rumput yang biasa dipakai untuk Taman :

  • Rumput Manila / Jukut kakawatan hijau ( Zoysia matrella ), rumput ini dari namanya memang berasal dari Filipina. Pertumbuhannya termasuk lambat. Teksturnya halus, cocok juga untuk Taman bermain anak.

  • Rumput Kentucky ( Poa pratensis ), rumput ini memiliki cirikhas warnya yang hijau kebiruan, makanya dikenal dengan istilah bluegrasses.

  • Rumput Grinting ( Cynodon dactylon )
  • Rumput Gajah Mini,  merupakan rumput yang paling gampang dari segi perawatan Karena karakteristik dari rumput ini yang bisa hidup dilokasi yang kurang pencahayaan mataharinya dan bisa hidup di penyinaran  50 % dan dalam pemotongan rumput gajah mini ini bisa 1 – 2 bulan sekali melakukan pemotongan.

  • Rumput Gajah Mini Variegata, untuk rumput ini dari segi karakteristik kurang lebih sama dengan rumput gajah mini, Cuma berbeda dari segi warna karena ada campuran warna putih pada helai daunnya.

  • Rumput Gajah Biasa/Lokal/Kipahit/Jakur pahit ( Axonopus compressus ), rumput ini dari segi penampilan kurang bagus karena dari ukuran helai daunnya besar dan kasar, tapi kalo kita rajin melakukan pemotongan sekitar 2 minggu sekali penampilannya tidak kalah dengan gajah mini. Dari segi harga rumput jenis ini paling murah diantara jenis rumput yang lain. Kelebihannya tahan terhadap kekurangan air. Akar dan stolonnya yang lebat membuat cukup kuat, tahan terhadap injakan dan aktivitas lainnya. Itu sebabnya banyak dipakai untuk Taman bermain anak.

  • Rumput Jepang ( Andropogon aciculatus ), rumput ini bentuknya hampir sama dengan rumput Peking. Banyak penjual tanaman rancu, karena kemiripannya.     
  • Rumput Peking ( Agrostis stolonifera ), rumput ini dari segi penglihatan kasat mata penampilan hampir sama dengan rumput swiss hanya dari tektur lebih kasar dari rumput swiss
 
  • Rumput Golf / Babat ( Eragrotis tenella ), Rumput ini paling pendek ukurannya dari jenis rumput yang lain dan merupakan rumput yang paling sulit dari segi perawatan karena memerlukan penyinaran matahari yang full dan pemotongan yang rutin minimal 2 minggu sekali.
  • Rumput Swiss, Rumput ini dari karakteristik paling lembut atau halus dari semua jenis rumput, namun kekurangannya rumput ini memerlukan pencahayaan matahari yang penuh miniml 80 % karena kalau keadaan lembab pertumbuhan tidak akan maksimal, harus lakukan pemotongan minimal sebulan sekali agar rumput tetap bagus dan dari segi harga paling mahal.


Demikian tentang Jenis Rumput ... semoga bermanfaat.

1 komentar:

  1. Menarik sekali,,
    Mari Hijaukan Bumi Kita

    Kami suplier Rumput Gajah Mini, Rumput Jepang dan tanaman lain untuk kebutuhan taman anda seperti aneka palem, pule, soka india, aneka kamboja, dll.
    Kami juga melayani jasa pembuatan taman untuk wilayah Jawa Tengah

    Hubungi kami klik http://rumputjepang-gajahminimurah.blogspot.com

    Arya Flower
    Salam sukses

    BalasHapus